Thursday, November 10, 2016

Cara Dual BOOT Kali Linux dan Windows 8.1/10 (UEFI) - Electroze

Assalamualaikum

Nih, kali ini saya mau berbagi tentang bagaimana cara install dual boot kali linux  dengan windows, dengan UEFI mode. Oke disimak ya teman-teman


  1. Yang pertama, Cari tahu dulu tentang informasi kali linux. setidaknya faham sama istilah-istilah asingnya :D
  2. Pastikan Backup file penting, takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  3. Download dulu Kali Linux di Website resminya. SANGAT direkomendasikan KALI LINUX SANA (2016.2), soalnya itu adalah versi yang benar - benar "fix" buat di Install UEFI mode. versi sebelumnya support sih, cuma agak ribet
  4. Selanjutnya, sisakan partisi buat OS Kali Linuxnya, ya minimal 20gb sudah cukup. Buat yang sudah ada Windows 8.1 (EFI), cukup buat partisinya melalui disk management (Shrink Storage).
  5. kalau sudah punya file .iso-nya (Kali Linux), buat bootable di flash disk menggunakan win disk imager. 
  6. Oke kalau sudah, matikan laptopnya. Kemudian hidupkan lagi, MASUK KE BIOS. ubah BOOT modenya jadi LEGACY/CSM, hardisk propertiesnya pilih flashdisk yang ada bootable Kali Linuxnya. Tekan f10 untuk save dan exit.
  7. Anggap sudah masuk ke tampilan awal installer kali linux, pilih Graphical Install.Cara Dual BOOT Kali Linux dan Windows 8.1/10 (UEFI)
  8. Kemudian setting bahasa, keyboard, nama username, root password, seting sesuai selera teman-teman, sampai di menu Partition Disk, Pilih Manual.Cara Dual BOOT Kali Linux dan Windows 8.1/10 (UEFI)
  9. Cari Partisi "FREE SPACE" kemudian pilih create new partition, beri size 2-4GB, lalu ATUR menjadi swap area, kemudian done setting up partition,Cara Dual BOOT Kali Linux dan Windows 8.1/10 (UEFI)
  10. Kembali lagi ke menu Partition Disk, Pilih partisi "Free Space" lagi, kemudian pilih create new partition, beri size sesuai keinginan (use as ext4 journaling file system). setelah itu pilih done setting up partition.
  11. Tunggu selama beberapa menit, proses Instalasi sedang berlangsung. 
  12. Kemudian Install Grub Boot Loader. Setelah semuanya selesai system akan restart dengan sendirinya.
  13. Saat restart, masuk lagi kemenu bios dan kembali kan Boot Modenya Menjadi EFI, save and exit.
  14. Dual Boot Kali Linux dan Windows Sukses , selamat mencoba :)Cara Dual BOOT Kali Linux dan Windows 8.1/10 (UEFI)

Wassalamualaikum

0 comments:

Post a Comment